Kamis, 19 April 2012

Teori Kepemimpinan


NAMA             :Rendi.febriyana.permana
NPM                :18210976
                                                           
Teori Kepemimpinan
1.      Model Kontigensi adalah model yang  beranggapan bahwa kontribusi pemimpin terhadap efektifitas kinerja kelompok tergantung pada cara atau gaya kepemimpinan dan kesesuaian situasi yang dihadapinya.. Model atau teori kontingensi melihat bahwa kelompok efektif tergantung pada kecocokan antara gaya pemimpin yang berinteraksi dengan subordinatnya
sehingga situasi menjadi pengendali dan berpengaruh terhadap pemimpin.
2.      Model Vroom and Yetton adalahmengandung pengertian mengarahkan, membina atau mengatur, menuntun dan juga menunjukkan ataupun mempengaruhi. Pemimpin mempunyai tanggung jawab baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilan aktivitas kerja dari yang dipimpin
3.      Model path goal adalh berusaha meramalkan efektivitas kepemimpinan dalam berbagai situasi. Menurut model ini, pemimpin menjadi efektif karena pengaruh motivasi mereka yang positif, kemampuan untuk melaksanakan, dan kepuasan pengikutnya. Teorinya disebut sebagai path-goal karena memfokuskan pada bagaimana pimpinan mempengaruhi persepsi pengikutnya pada tujuan kerja, tujuan pengembangan diri, dan jalan untuk menggapai tujuan.

Contoh kasus
Memecat kurang lebih10.000 karyawannya…itulah rencana yang baru saja kita dengar, Sony berencana memecat 10.000 karyawannya, akibat kerugian yang telah dideritanya. Gak tanggung-tanggung jumlahnya,  kerugian yang diderita sebesar 6.4 Milyar dollar Padahal kita semua mengetahui Sony merupakan salah satu perusahaan paling kreatif. Siapa yang gak kenal Sony, perusahaan elektronik raksasa yang mempunyai nama besar?Jauh sebelum demam Ipod dari Apple, Sony-lah yang mempopulerkan produk Walkman, dimana hampir diseluruh dunia tercipta demam mendengarkan musik melalui earphone. Sony juga yang menyebabkan anak-anak hingga orang dewasa keranjingan main PlayStation.Di Indonesia, maen PS (PlayStation) sudah jadi salah satu hobi, bahkan menjadi peluang bisnis banyak orang, dengan maraknya rental penyewaan PS di perkotaan bahkan hingga di perkampungan kumuh sekalipun .Di pasar handphone, seperti di Indonesia juga, duet brand Sony dengan Ericsson juga belum ampuh untuk memenangkan di dunia persaingan. Pasar hanphone murah dikuasai merek-merek China, sementara di pasar smartphone, I-Phone (Apple) dan Samsung lebih populer untuk ssat ini.

Analisis :
Setelah di amati, kasus tersebut termasuk kedalam Model Kepemimpinan Kontingensi. Kenapa demikian? Karena mengandung aspek - aspek yang keterkaitan antara kondisi atau variabel situasional dengan watak atau tingkah laku dan gaya kepemimpinan dan kesesuaian situasi yang dihadapi  oleh perusahaan tersebut. Cara mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model Kontingensi salah satunya yaitu:
Ø   Melihat arus kemajuan tekhnologi yang saat ini semakin maju dan berkembang, perusahaan harus bisa mengembangkan atau meluncurkan  produk yang lebih kreatif.  Hal ini di lakukan, agar bisa mendongkrak nilai penjualan dan tentunya bisa mengalahkan pesaing-pesaing yang  sejenis yang terus mengeluarkan produk-produk terbaru dan tercanggih .Sony harus selalu bisa mengikuti perkembangan zaman dan selera konsumen atau harus bisa melakukan berbagai seraikaian variasi megikuti trend masa kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar